√ Solusi Laptop Tidak Mau Menyala Tanpa Dipancing Charger atau Power, Kasus Baterai Baru - Khairul Fikri - Personal Blogger Indonesia

Solusi Laptop Tidak Mau Menyala Tanpa Dipancing Charger atau Power, Kasus Baterai Baru

Solusi Laptop Tidak Mau Menyala Tanpa Dipancing Charger atau Power, Kasus Baterai Baru

Penulis memiliki notebook Acer Aspire One 725 dengan bateri yang sudah tidak bagus (soak/bocor). Beberapa hari sebelumnya, penulis memesan baterai baru dengan spesifikasi 6 cell untuk kapasitas 4400 mAh. Sebelumnya, bateri lama hanya memiliki kapasitas 2500 mAh bawaan saat beli pertama kali notebook. Hari Jum'at 01-11-2019, baterai baru sampai di tempat saya (penulis membeli online) dan dimalam harinya langsung dicas terlebih dahulu mulai pukul 21:31 Wib hingga besok paginya pukul 06:12 Wib. Sebenarnya, pukul 22:02Wib hari Jum'at nya baterai telah penuh dengan bukti lindikator laptop telah berubah menjadi warna biru.

Sabtu 02-11-2019 sekitar sebelum jam 11:00 Wib, penulis mencoba menghidupkan notebook dengan kondisi baterai telah penuh. Beberapa menit kemudian, tiba-tiba notebook mati total secara mendadak dan penulis kaget karena sebelumnya notebook tidak pernah mati mendadak. Penulis mencoba menghidupkan lagi dengan menekan tombol power on/off, akan tetapi tidak mau hidup. Tidak mau hidup disini ialah tidak mau masuk ke booting seolah-olah daya tidak sanggup menghidupkan notebook.

Penulis mencoba melepas baterai dan memasangnya kembali, kemudian menekan tombol power on/off. Notebook bisa kembali menyala hingga masuk ke tampilan sistem operasi (operating system), akan tetapi mati mendadak lagi beberapa menit kemudian. Penulis kembali coba menyalakannya tetapi tidak mau. Penulis mencari informasi mengenai permasalah ini hingga malam Sabtu 02-11-2019 penulis mencoba menyalakan notebook dengan cara memasang charger ke notebook. Hasilnya, notebook menyala namun apabila charger di lepas maka beberapa menit kemudian notebook kembali mati mendadak.

Solusi Laptop Tidak Mau Menyala Tanpa Dipancing Charger atau Power, Kasus Baterai Baru


Pagi Senin 04-11-2019, penulis mendapatkan informasi mengenai kasus ini di blog Van yang menyebutkan solusinya sebagai berikut (kutipan langsung):

1.Pastikan Baterai terpasang di Laptop dengan benar
2.Lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda
3.Nyalakan Laptop dengan Power Baterai.

Tidak bisa ? Lakukan langkah di bawah ini :

4.Colokkan Charger Listrik ke Laptop Anda
5.Isi Baterai sampai penuh tapi dalam keadaan Laptop sedang mati dan jangan dalam keadaan Laptop sedang dilipat/ditutup (Biasanya ada lampu indikator di Laptop Anda yang menunjukkan isi dari Baterai).

6.Jika Baterai sudah penuh, lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda lalu nyalakan kembali Laptop Anda dengan Power Baterai.

Tidak bisa juga ?

7.Colokkan Charger Listrik ke Laptop Anda lalu nyalakan Laptop Anda. Pasti Laptop Anda bisa menyala kan ?

8.Sekarang cabut Charger Listrik dari Laptop Anda (Inilah yang saya maksud dengan menyalakan Laptop dengan Power Baterai tapi dengan memancingnya terlebih dahulu dengan Charger Listrik)

9.Sekarang biarkan Laptop Anda menyala sampai daya Baterai benar-benar habis dan Laptop Anda mati dengan sendirinya

10.Jika Baterai sudah habis dan Laptop sudah mati, sekarang Anda ulangi (langkah no.4 & 5) 

11.Jika Baterai sudah penuh, lepaskan Charger Listrik dari Laptop Anda lalu nyalakan kembali Laptop Anda dengan Power Baterai. Berhasil kah ? Selamat !!!!!

Nah, itu adalah langkah yang saya lakukan ketika Baterai saya mengalami kerusakan Power Management. Jika langkah ini tidak berhasil sebaiknya Anda ulangi (langkah no.4 - 11) sampai 3 kali dan jika berhasil lakukanlah (langkah no.4 - 11) selama 3 kali juga.Kenapa harus 3 kali ? Karena sebetulnya ini adalah langkah yang harus kita lakukan ketika mempunyai Baterai baru atau ketika membeli Laptop baru. Sebetulnya ini juga langkah sama yang dilakukan ketika kita membeli HandPhone baru kan ? Dan ternyata memang benar kalau Power Management di Baterai saya sudah rusak karena daya Baterai 20% saja sudah mengeluarkan peringatan Baterai Kritis. Kalau tidak berhasil juga berarti langkah terakhir adalah tempat Service Komputer.

Saya sempat heran akan hal ini, akhirnya saya teringat petunjuk dari buku Panduan kalau kita harus menghabiskan daya Baterai sampai benar-benar habis. Itulah ternyata kebiasaan buruk saya yang selalu mematikan Laptop ketika Baterai sudah kritis dan langsung menyalakannya dengan Charger. Hal ini membuat Baterai saya jadi tidak awet dalam hal pengisian yang optimal. Dan ketika saya melihat buku Panduan kalau kondisi Baterai yang ideal itu cuma mencapai 1 tahun, saya langsung kaget karena teman saya punya Laptop yang murah tapi Baterai-nya bisa bertahan lebih dari 2 tahun lebih. Kenapa ? Ternyata ia punya trik khusus dalam merawat Baterai Laptop-nya.
Berdasarkan informasi diatas, penulis mengambil kesimpulan bahwa permasalahan pada penulis dikarenakan kondisi baterai yang baru dibeli. Saat ini penulis mencoba menerapkan langkah-langkah diatas namun, terkendala saat hendak mau menghabiskan total baterai notebook. Notebook masih mati mendadak sebelum baterai habis semua dayanya. Penulis akan melanjutkan tulisan di postingan berikutnya jika penulis sudah berhasil menerapkan langkah-langkah diatas atau mendapatkan solusi yang lain.

Get notifications from this blog

1 komentar